widget

Selasa, 08 Maret 2016

Syarat Kenaikan Tingkat (SKT) HW SMPM9




SMPM 9 melaksanan SKT HW  (Syarat Kenaikan Tingkat Hizbul Wathan ) di SMP Muhammadiyah 9 yang bertepatan di jalanTeuku Umar   no 48 Bojonegoro, Sabtu – Minggu6 Maret 2016. Kami berkumpul setelah ashar sekitarpukul 15.30. Acara dimulai dengan upacara pembukaan disitu kami berdoa dan diberi arahan oleh Bapak Pembina yaitu Pak Huda. Setelah itu kami diajari tentang Materi yang terdapat dibuku SKT. Sekitar pukul 5.30 kami bersiap-siap sholat Magrib. Setelah sholat Magrib kami makan lalu bagi siswa laki -laki di beri arahan sedangkan yang perempuan diperkenankan untuk istirahat. Kami pun bersiap-siap untuk sholat isya’ di Masjid At-Taqwa. Kami pun bersiap siap untuk melakukan SKT yang sebenarnya.

Sebelum acara tersebut dilakukan kami disuruh untuk membuat lingkaran yang sangat besar. Disitu kakak pembina yaitu, mbak Dewi. Memberi arahan dan renungan tentang arti jari di telapak tangan. Kami jelaskan artinya ya. Jempol itu besar dan bermakna yaitu menunjukkan ketika kita setuju atau menyukai sesuatu,  telunjuk bermakna yaitu menunjukapa yang kita inginkan .Sedangkan jari tengah kita bermakna ketika kitamenantang seseorang, jari manis kita digunakan untuk meletakkan cincin yang sayayakin kalian paham :v, yang terakhir jari kelingking kecil namun berarti jari yang kita gunakan untuk berjanji. Setelah itu dibentuklah regu .setiap regu rata” berjumlah 10-11 siswa.Wajah kami dicoret dengan cairan semacam oli. Lalu kami disuruh untuk membuat yel-yel. Setelah itu satu persatu regu diberangkatkan. 

Rute pertama kami adalah jln. KS Tubun. Disana terdapat pos pemberentian kami hanya laporan kepada kakak pembina. Lalu kami melanjutkan perjalanan kedaerah Sukorejo. Pos pertama kami berada di sekitar SMK Siang Bojonegoro. Disana kami ditanyai tentang keagamaanseperti: apaitu agama, apaitusholat ,dll. Setelahitu ,kami berangkat ke pos selanjutnya yang berada di dekat makam kembar.Ternyata itu pos pemberentian disana kami dipersilahkan untuk istirahat. Setelah kami diminta untuk jalan satu persatu oleh kakak pembina, sedangkan yang perempuan boleh bersamaaan. Setelah itusampailah kami ke pos 2. Disana kami ditanyai tentang ke-Hwan. Kami juga harus menyanyikan yel-yel per regu.Daerahnya di sekitarSukorejo juga. Setelah itu kami lanjut perjalanan ke pos 3. Disana merupakan pos paling berat yaitu PBBLLLLL. Disana kita disuruh hormat, istirahat,siap, dll. Dan juga diajari bagaimana baris berbaris yang benar.Setelah itu kami lanjut ke pos selanjutnya yaitu pos 4 kita disuruh membuat tandu darurat menggunakan 2 tongkat dan tali.Daerahnya sekitar Basuki Rahmat . Setelah itu kami menuju pos selanjutnya yaitu pemberentian lagi( bsn )tepatnya di jl.bridgen sutoyo. Setelah itu kami berjalan sampai kantor Pajak tempat pos 5 berada disana kami disuruh melakukan penyelamatan pertama HW atau P2HW

 pada pukul 23.30 kami kembali ke sekolah.saat sampai di gerbang sekolah kakak pembina menyuruh kami untuk menutup mata kami dengan hasduk kami .Kami diantar melewati berbagai rintangan yang terdapat di halaman sekolah.beberapa kelompok bahkan diantar sampai lantai 2 dengan mata tertutup. Sampai akhirnya kami sampai disuatu tempat yang sangat familiar baunya yaitu dapur catering aula taqwa. Disana kami disuruh duduk dan beristirahat,namun dengan mata tetap tertutup. Setelahitu kami dibangunkan dandiminta untuk membuka mata lalu… renungan. Yabegitulah semua anak nangis( hampir semua maksutnya). Lalu kami semua diminta untuk pergi ke kelas masing-masing untuk beristirahat. Sekutar pukul 2.00, kami diminta untuk sholat malam. Disana kami sholat sebanyak 8 atau 11 rakaat diimami olehpak Huda. Setelah itu kami diperbolehkan untuk beristirahat di masjid sampai subuh. Kami pun sholat shubuh. Setelah itu kami bersiap-siap pulang dan merapikan kelas kembali .Sebelum pulang ada upacara penutupan terlebih dahulu setelah acara ditutup, kami semua pulang. 

Pengalaman yang bisa kita petik adalah kita harus menjadi orang yang disiplin dan jujur disetiap saat.Ini adalah pengalaman yang sangat bermanfaat.karena ini akan melatih mental kita untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.

Salam HW.. Fastabiqul Khoirat!





PR IPM 2016 BIDANG PIP

0 komentar:

Posting Komentar