widget

Minggu, 07 Februari 2016

Latihan Dasar Kepemimpinan 2016



Assalamu'alaikum Wr. WB.

PR.IPM SMPM 9 melaksanakan LDK ( Latihan Dasar Kepemimpinan) di Maibit, Tuban pada Minggu 31 Januari. Anak – anak IPM berkumpul di SMP Muhammadiyah 9 pada pukul 06.30 lalu pukul 07.00 semua PR.IPM SMPM9 berkumpul dan berdoa agar diberi keselamatan sampai tujuan. Pukul 07.30 PR.IPM SMPM9 berangkat, dengan 3 guru pembimbing Bpk. Samsul Huda, Bu Muchlisotul Furda, dan Bu Susanti Indah P. Dengan pembina murid kelas 9 SMPM9 yang dipilih. Di dalam elf anak - anak IPM bersunda gurau, bercerita dan lain – lain. PR.IPM SMPM9 tiba di Maibit sekitar pukul 09.30, Setibanya di Maibit PR.IPM SMPM9 di kelompokkan menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 5 anggota. Di pos pertama, setiap kelompok membuat yel – yel untuk kelompoknya masing – masing. Lalu melanjutkan perjalanan ke pos kedua.

Di pos kedua setiap kelompok di beri pertanyaan tentang keagamaan. Setelah diberi pertanyaan muka setiap kelompok di coret menggunakan daun jati, pasir, arang dan lain – lain. Lalu di suruh melanjutkan perjalanan ke pos ketiga. Di pos ketiga setiap kelompok diberi pertanyaan tentang kepemimpinan, disuruh menyebutkan pimpinan dari ranting sampai pusat. Lalu setelah pos ketiga, PR.IPM SMPM9 istirahat untuk menghilangkan lelah. Untuk menuju pos keempat perjalanannya sangat jauh. Dari melewati jalan yang naik, lalu turun, berkelok dan lainnya. Setelah melewati jalan yang jauh, akhirnya PR.IPM SMPM9 sampai di pos keempat. Di pos keempat setiap kelompok di beri pertanyaan tentang organisasi Muhammadiyah. Seperti kapan lahirnya Muhammadiyah, Apa itu Hizbul Wathan, dan lain – lain. Setelah menjawab pertanyaan kami disuruh menutup mata dan membuka mulut, Kakak pembina memasukka makanan ke dalam mulut kami dan menyuruh kami menelannya. Makanan yang dimasukkan yaitu belimbing wuluh atau bawang putih, bagi beberapa kelompok ada juga yang mendapatkan biskuit dan permen.

Setelah melewati pos keempat, PR.IPM SMPM9 menuju ke pos terakhir, yaitu pos kelima. Perjalanan ke pos kelima melewati rumah penduduk dan perjalanannya juga agak jauh. Di pos kelima PR.IPM SMPM9 mendapatkan renungan dari salah satu pembina yaitu Dewi Septiyani(9A). Setelah melewati pos pertama sampai pos kelima, pembina mengadakan beberapa permainan. Permainan pertama kami harus melatih kekompakan, jadi 1 kelompok harus mengangkat 1 tongkat menggunakan 1 jari. Tim yang menang maju lebih dahulu di game berikutnya. Game berikutnya kami harus tiarap di lumpur dan mengikuti alur yang disediakan,kami juga tidak boleh menyentuh tali rafia diatas kami. Setelah semua tim selesai kami harus berenang di salah satu kolam/kali, saat berenang pun kami harus menyelamkan tubuh hingga air mencapai hidung.setelah itu kami berbaris sesuai kelompok. Permainan selanjutnya kami harus memasukkan air dari botol ke botol lain tanpa memegang botolnya.bagaimana caranya?kami harus memegang tali yang ada pada botol.dan yang terpenting bola pingpong yang ada di botol lain harus jatuh keluar.

Permainan selanjutnya kami harus memasukkan kelereng ke botol melalui pipa.kita berbaris dan memasukkan kelereng ke pipa hingga kelereng bisa sampai ke botol.Setelah permainan itu selesai,kami memainkan game yang terakhir,yaitu memasukkan paku ke dalam botol,namun paku di ikatkan ke 4 tali yang harus dibawa bersama oleh satu kelompok.Setelah semua game selesai kami segera membersihkan badan dan sholat Dhuhur di mushola.Kami pun makan siang terlebih dahulu.Setelah semua selesai kami kembali ke Bojonegoro sekitar pukul 14.30.

LDK akan menjadi pengalaman yang berharga bagi IPM SMPM 9.Kami bisa tau bahwa hidup kadangkala ada naik dan turunnya. Hidup juga tidak selalu manis,namun kadang pahit.

“Bekerja Belajar untuk hidup, Dan Hidup untuk beribadah“ 

#IPMJaya
Admin PIP 


 









 


 















0 komentar:

Posting Komentar