widget

Kamis, 20 Oktober 2016

Outbond angkatan 5




OUTBOND PERIODE KE-5


Assalamualaikum Wr Wb.
Pada tanggal 14-15 Oktober Angkatan 5 Smp Muhammadiyah 9 Bojonegoro mengikuti Outbond di Pondok HW Pasuruan. Kami berkumpul di sekolah sekitar pukul 12 lebih atau setelah sholat jumat. Kami berangkat menggunakan 3 elf, yang terbagi menjadi 1 elf putra, 1 elf putri, dan 1 elf putra putri. Kami berangkat sekitar pukul 1.00. sekitar pukul 18.00 kami tiba di Pondok HW di Pasuruan. Kami diberi waktu untuk beristirahat dan membersihkan diri lalu sholat magrib. Setelah itu kami makan malam. Selanjutnya kami memilih kamar, yang tebagi menjadi 2 kamar putri dan 2 kamar putra. Sekitar pukul 7.30 Outbond pun dimulai.
Yang pertama adalah upacara pembukaan, dilanjut dengan stretchingdan senam. Kami dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok merah, kuning,hijau, dan putih. Setelah itu kami diminta untuk baris perkelompok. Kami diminta untuk mengikuti perkataan pembina lalu mengikuti gerakannya juga. Game yang pertama pun dimulai, kami diberi selembar kertas berisi soal, yaitu kami diminta untuk menghubungkan 9 titik hanya dengan 4 garis. Stelah itu kami diberi waktu mengerjakan selama 15 menit. Satu persatu kelompok pun mengumpulkan lembaran. Game yang kedua adalah memasangkan kota dengan kebudayaan d=serta tempat menariknya lalu ditempel di 2 lembar kertas. Mulai dari Bojonegoro, Surabaya, Tuban, Jakarta, Jogja. Kami diberi waktu selama 15 menit. Setelah selesai kami lanjut ke game yang ke 3, yaitu kami diberi 9 nomor berwarna yang harus kami susun menjadi 9 titik. Setiap baris harus berjumlah 15. Setelah lama berpikir, akhirnya kami berhasil mengerjakan. Selanjutnya adalah game ke 4. Di game ini kami berpasangan, lalu salh satunya diminta untuk keluar dari ruangan dan yang satu diminta untuk menghitung jumlah huruf a dan b dari cerita pasangannya nanti:v. begitu pun  sebaliknya namun disini kami diminta untuk mengabaikan teman kami yang bercerita, hingga menyebabkan keributan. Dxari game ini kami belajar, bahwa jika kita ingin dihargai hargailah orang lain. Setelah itu game selesai, dilanjut dengan muhasabah. Setelah selesa, kami diperbolehkan untuk istirahat dan tidur.
Matahari pun terbit, kami bergegas sholat shubuh dan bersiap siap untuk jalan santai:^.  Setelah selesai jalan santai, kami diperbolehkan untuk Mandi dan sarapan. Kami pun melakukan senam dan stretching. Setelah selesai, kami diminta untuk bebaris sesuai kelompok. Game yang ke 5 adalah kami diminta untuk mengikatkan gelas ke kepala lalu barisan depan diisi dengan bola dan bola tersebut harus di berikan kepada barisan paling belakng secara estafet. Stelah selesai dilanjut dengan game selanjutnya yaitu salah satu dari kami mengambil gelas dengan mata tertutup, sedang yang lainnya memberi pengarahan. Game ini berlangsung 2 kali, yaigtu semi-final dan final, setelah selesai kami diperkenankan istirahat sebentar setelah itu dilanjut dengan game ke 6 .
Disini kami tidak berkompetisi antar tim, namun kami bekerja sam dengan tim lain. Kami diminta untuk membentuk lingkaran lalu kaki kanan kami diluruskan sedangkan kaki kiri kami dilipat. Setelah itu kami diminta untuk meletakan sepatu/sandal kami didepan kami. Permainan ini dilakukan dengan cara melakukan tepuk yang sudah diajarkan lalu pada saat hitungan ke 8 memindahkan sepatu yang berda di depan teman sebelah kanan ke teman yang sebelah kiri. Kami dapat melakukan ini selama 126 kali. Permainan yang selanjutnya adalah outdoor game, kami diminta untuk mengenakan sepatu dan berjalan menuju hutan. Disana kamj diminta untuk baris seusai kelompok. Game yang pertama adalah kami diberi 5 buah pertanyaan, lalu salah satu dari membacakan jawabannya didepan. Stelah itu kami diminta untuk baris kembali.
Game yang selanjutnya adalagh kami diminta untuk melakukan perintah pembina namun terbalik. Permainan ini sangat seru karena melatih konsentrasi, jika kita lengah pasti kita salah:v. game yang ke 3 adalah kami diminta untuk berkomunikasi dengan rekan tim kami, ketua kelompok akan memberikan benda kepada anggota pertama ldengan berkata misalnya ini jeruk, anggota itu akan menjawab apa, lalu dijawab jeruk, anggota pertama akan memberikan benda ke anggota ke 2 dengan berkata ini jeruk, lalu anggota 2 akan menjawab apa, anggota pertama berkat apa kepada ketu, lalu ketua menjawab jeruk, dan berlanjut hingga anggota terakhir. Game yang terakhir adalah-,- kami diberi selembar kertas disitu tertulis beberapa kata, misal banyak bicara. Kami diminta untuk meminta tanda tangan kepada anak yang banyak bicara. Setelah game selesai, kami diperbolehkan untuk Mandi dan bersiap untuk pulang:3. Kami diperboleh sholat dan makan siang. Setelah itu upacara penutupan, dan diambil 1 perwakilan putra(eqi)  dan satu perwakilan putri(yunita)  untuk maju ke depan menyampaikan kesan dan pesannya. Setelah itu kami pun memulai perjalanan kami ke Bojonegioro.
Disini kami belajar, bagaimana menjadi seorang pemimpinJ, bagaimana membentuk suatu kekompakan:*, bagaimana untuk menghilangkan rasa egois serta iri:3. Dan yang terpenting bagaimana menghargai sesama:*.






0 komentar:

Posting Komentar