widget

Jumat, 21 Agustus 2015

Pondok Ramadhan 1436 H (2)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Kita bertemu lagi dihari kedua pondok Ramadhan. Sama halnya seperti sebelumnya, acara ini diawali dengan tadarus pagi selama 30 menit di serambi utara Masjid At-Taqwa. Tadarus pagi hari ini dibimbing oleh Ustad Toyibun Nuha L.C. Selang 30 menit, acara dipindah ke Gedung Dakwah PD. Muhammadiyah Bojonegoro. Dilanjutkan sengan motivasi yang dibawakan oleh Alumni SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro lulusan pertama, yaitu : Bilal yang sekolah di Ponpes Isy Karima, Revi, dan Wahyu. Yang pertama adalah Fadhilah Al-Qur'an atau Keutamaan Membaca Al-Qur'an yang dibawakan oleh Revi. Salah satu Fadhilah Al-Qur'an adalah mendapat kebaikan yang berlibat ganda. Rasullullah bersabda: "Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an baginya satu kebaikan. Satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi)

Motivasi yang kedua adalah pentingnya menjaga lisan, yang dibawakan oleh Bilal. Kita dituntut untuk mengucapkan hal-hal yang baik atau diam. Sebagai contoh adalah berdzikir dan bershalawat karena itu adalah perkataan yang mulia. Saat kita ingin menasihati orang lain, sebaiknya dilakukan secara rahasia (empat mata). Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, yang artinya: "Barang siapa di antara kalian yang ingin menasehati penguasa, maka hendaklah dia pergi kepadanya, dan merahasiakan nasihatnya itu."

Dilanjutkan sesi tanya jawab.
1. Q : Apa saja peraturan tetap yang ada di setiap pondok?
    A : - Tidak boleh membawa HP,
          - Tidak boleh kabur walau hanya 1 jam pelajaran,
          - Tidak boleh membawa Jeans,
          - Maksimal membawa 10 baju,
          - Yang perempuan memakai cadar (Ponpes Imam Bukhari)
          - Dan masih banyak lagi.

2. Q : Apa saja metode yang dilakukan agar cepat hafal Al-Qur'an?
    A ; Jika masih dalam fase anak-anak, menghafal tanpa disertai artinya. Mulai umur 10 tahun, menghafal baru disertai artinya. Cara agar cepat menghafal yang terpenting adalah niatnya, lalu membaca berulang-ulang minimal 15 kali. Saat sebelum tidur, mencoba untuk menghafalkan. Dan Kitab langsung Bahasa Arab tanpa latin.

Sekian acara hari ini.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar